Rabu, 30 Januari 2013

Mengintip Kehidupan Nelayan

Negara Indonesia selain negara agraris juga merupakan negara maritim. Seperti yang banyak diketahui Indonesia dikelilingi oleh air. Banyak selat, samudra, dan pantai mengelilingi negara ini. Tidak heran sebagian besar penduduk Indonesia yang hidup di pesisir pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, salah satunya Pak Sarmin (40th), warga Plabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pak Sarmin hidup dengan 2 anak dan 1 istri. Sehari-harinya Beliau menghidupi keluarganya dengan menjadi nelayan, menebar jaring di laut untuk mendapatkan ikan. Menjadi nelayan telah ditekuni Pak Sarman sejak iya muda. Beliau melaut sejak sore hari dan baru tiba di rumah pagi hari. Hasil tangkapannya, langsung beliau jual ke TPI Plabuhan Ratu. Rata-rata uang yang dia bawa pulang sebesar Rp50rb rupiah.
Setiba di rumah Pak Sarmin selalu membereskan jaring tangkapan dengan ditemani ke dua anaknya, sedangkan istrinya mempersiapkan makanan.
Disela-sela waktu membereskan jaring tangkapannya, Pak Sarmin juga mengajarkan anak laki-lakinya membetulkan jaring yang rusak dan menangkap ikan di pinggir pantai dengan melempar jala.
Dua kegiatan yang menyenangkan Pak Sarmin karena bisa memberikan bekal keahlian dan dekat dengan anak laki-lakinya. Pak Sarmin pun bertambah senang bila anak laki-lakinya berhasil menangkap ikan pada saat menjala, dan membawa pulang ikan-ikan tersebut untuk dimasak dan dimakan sekeluarga. Photo dan Captions : Tri Iswanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar